Tips & Tricks

Budget Buat Jalan2? Simpel, Ini Triknya

KURANG PIKNIK. Dua kata ini lagi eksis banget terutama untuk orang2 yg hobinya baper atau tukang nyinyir, dibilangnya kurang piknik. Tapi apa benar mereka kurang piknik? Belum ada studi khusus tentang relevansi dua hal itu. Namun kali ini saya tidak akan membahas relevansi itu, yg saya bahas adalah seberapa penting  piknik dan menyiapkan budgetnya.

Travelling atau jalan-jalan sudah menjadi kebutuhan khusus untuk manusia jaman sekarang. Kenapa? Alasannya satu, buat hiburan supaya otak gak tambah stress. Anehnya, usaha untuk bikin otak gak stress ini justru menambah stress para penggila piknik. Lho kok bisa? Karena esensi piknik bukan lagi liburan tapi bergeser ke banyak hal antara lain ambisi.

Yes…ambisi. Ambisi eksis, terlihat keren, kekinian, bahkan ambisi pribadi yg entah maksudnya apa. Ambisi ini membuat sebagian orang menggebu2 utk berpiknik dan melupakan tujuan awalnya, yaitu hiburan.

Salah satu yg paling riweuh klo ambisi ini udah nyangkut2 ke masalah budget, anggaran, duit. Bisa2 kita menghabiskan uang untuk memuaskan ambisi yg satu ini. Lalu bagaimana supaya piknik bs jd hiburan tp ga bikin stress? Apalagi soal budgetnya?

  1. Tetapkan 1 tempat ternyaman dalam hidupmu!

Piknik adalah soal hiburan raga dan jiwa. Buat apa piknik tp abis itu kita bingung soal utang yg membengkak? Buat apa piknik klo bikin kita jd galau krn tmpt yg dikunjungi ga seindah ekspektasi? Jadi tetapkan satu tempat piknik yg mudah dikunjungi, terjangkau dr segi budget, dan yg paling penting, bikin otak rileks. Contohnya, kampung halaman. Saya dan suami punya seabrek tmpt yg ingin dikunjungi, namun hati kami selalu terpatri pada rumah di kampung halaman. Alhasil, tiap kali pengen liburan, selalu berakhir ke Temanggung dan Pekalongan. Ngublek-ublek dua tempat ituuu aja. Bosen ga? Enggak. Bikin rileks ga? Pasti. Ya…dua tempat ini menjadi lokasi ternyaman yg mengalahkan destinasi manapun.

Makanya dari awal  tujuan piknik kami simpel, kembali ke rumah orang tua. Mereka makin tua, dan hanya dengan seperti ini kami bisa bersama dengan mereka. Jadi ga heran kami sering banget pulang, bikin hepi sie hehehe..

2. Bikin Budget Tahunan

Budget tahunan ini diambil dr uang non-non. Maksudnya, non belanja bulanan, non tabungan pendidikan, non dana darurat dll. Lha terus klo uangnya udah abis gimana? Makanya dr awal saya bilang, tetapkan 1 tmpt ternyaman dlm hidupmu dan bikin kamu pengen balik terus kesana. Klo udah kbayang pengen ke tmpt itu, pasti disisihinlah. Dan krn tempatnya bakal itu2 saja, budgetnya mudah dianggarin. Kita jg udah hafal brapa jumlah pengeluaran yg akan dihabiskan.

Klo saya, dari bonus bulanan suami. Sisanya, dari bisnis saya. Kuncinya, pake kata ‘pokoknya!’. Pokoknya saya harus pulang. Pokoknya pengen makan masakan emak. Pokoknya mau ke rumah ortu krn kangen. Alasan kuat ini yg bikin kita menyisihkan uang utk berlibur. Maka dari awal sy tegaskan, tujuannya harus jelas, jaminan bahagianya terukur dan budgetnya terjangkau.

2. Bikin agenda acara piknik

Agenda piknik penting untuk memudahkan perjalanan. Karena fokus saya adalah datang ke tmpt yang sama, maka pembedanya tentu ada di bumbu agenda perjalanan. Misalnya pulkam skrg jadwalnya ke pantai dkt rumah, nangkap ikan, jalan ke sawah, wisata kuliner dll. Esensinya bahagia..jadi agendanya ga muluk2.

3. Berpikniklah bersama orang yang membuat nyaman dan bahagia.

Satu tanggapan untuk “Budget Buat Jalan2? Simpel, Ini Triknya”

Tinggalkan komentar